Selasa, 27 Mei 2014

WISATA VOLCANO TOUR MERAPI - YOGYAKARTA

Wisata Volcano Tour Merapi mungkin masih sangat asing di telinga kita, karena orang lebih mengenal dengan nama Wisata Lava Tour Merapi yaitu wisata alam di lereng selatan Merapi yang merupakan bekas perkampungan atau hunian yang tertutup oleh lahar atau material erupsi Gunung Merapi. Nama Volcano Tour sendiri dikenal paska Erupsi Merapi pada tahun 2010 yang menghancurkan beberapa kampung di lereng Merapi selatan, sebenarnya wisata Volcano Tour sendiri sudah ada sejak tahun 2006 yaitu pasca erupsi Merapi yang meluluh lantakkan Obyek Wisata Alam Kaliadem atau orang mengenalnya Obyek Wisata Bebeng dan menelan korban jiwa 2 orang relawan pemantau merapi. 

Wisata Alam Kaliadem sebelum Erupsi Merapi tahun 2006

Bunker Kaliadem Sebelum Erupsi Merapi tahun 2006

 Wisata Kaliadem Pasca Erupsi Merapi Tahun 2006

Bunker Kaliadem Pasca Erupsi Merapi Tahun 2006

Pasca erupsi Merapi tahun 2010 yang menelan ratusan korban jiwa, harta benda, pemukiman maupun sarana dan prasarana maka banyak orang penasaran untuk melihat lebih dekat keadaan kampung kampung yang tertutup material oleh erupsi Merapi di Kecamatan Cangkringan, terutama yang mengalami kerusakan terparah adalah Desa Kepuharjo, Desa Glagaharjo, Desa Bronggang dan Desa Umbulharjo, sehingga pada bulan Desember 2010 dibukalah wisata minat khusus dengan tema Lava Tour dengan nama Wisata Volcano Tour Merapi.




Wisata Volcano Tour Merapi dikelola oleh 2 desa yaitu Desa Umbulharjo dan Desa Kepuharjo Kecamatan Cangkringan. Pusat wisata Volcano Tour Merapi berada di Desa Umbulharjo, tepatnya Dusun Pangukrejo, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DI. Yogyakarta. Dari sinilah semua obyek wisata Volcano Tour Merapi bisa di akses, baik di daerah setempat maupun desa desa yang lain yang terkena dampak langsung Erupsi Merapi Tahun 2010.
Pada waktu pembukaan wisata Volcano Tour Merapi yang menjadi icon kunjungan adalah Bekas Rumah Almarhum Mbah Maridjan, yaitu Juru Kunci Merapi yang gugur dalam tugasnya dalam menjalani tanggung jawabnya selaku Juru Kunci Gunung Merapi yang diamanatkan kepada Beliau dari Kraton Ngayogyokarto Hadiningrat.




Jumlah kunjungan di Merapi mencapai ribuan orang setiap hari, sehingga Volcano Tour Merapi menjadi salah satu andalan wisata di Kabupaten Sleman mengalahkan wisata wisata alam yang lain yang ada di Yogyakarta. Hingga berkembanglah wisata Merapi menjadi tujuan wisata hingga saat ini, karena pengunjung bukan hanya dari Domestik saja tetapi juga dari Manca Negara, prosentase kunjungan dari manca negara mencapai 15% dari jumlah pengunjung yang mengunjungi wisata Merapi.
Wisata Volcano Tour Merapi menjadi andalan sumber ekonomi bagi masyarakat setempat pasca erupsi Merapi tahun 2010, karena sebelum terjadi erupsi sumber ekonomi masyarakat setempat adalah peternakan sapi perah, pertanian, perdagangan dan penambangan. Tetapi setelah pasca erupsi Merapi tahun 2010 sumber perekonomian masyarakat bergeser dari sektor peternakan dan pertanian menjadi sektor wisata yang mencapai 85% sumber ekonomi masyarakat setempat. Adapun sumber perekonomian sektor wisata yaitu menjadi petugas pengelola wisata, usaha perdagangan warung wisata, usaha jasa wisata dan menjadi guide lokal.
Seiring berkembangnya waktu tumbuhlah sektor perekonomian yang bisa mengangkat ekonomi masyarakat setempat dari keterpurukan pasca erupsi Merapi 2010 dengan adanya usaha jasa wisata yang menyedot banyak tenaga seperti Ojek Wisata, Trail Wisata dan yang paling menarik adalah Jeep Wisata yang banyak menarik minat pengunjung untuk selalu mengunjungi Merapi.








1 komentar:

 
Copyright © jeep wisata merapi 86 2014 Area Wisata Volcano Tour Merapi Kinahrejo,Umbulharjo,Cangkringan,Sleman,Yogyakarta Telp : (62)851 0219 8986 Email : marketing86mjtc@gmail.com IG : merapijeep_86mjtc Web : www.jeepmerapi86.com